Home / Ciri-ciri kerusakan pada kaki-kaki mobil

Ciri-ciri kerusakan pada kaki-kaki mobil

Ciri-ciri kerusakan pada kaki-kaki mobil - Pencarian tips dan trik otomotif dengan kata kunci " Ciri-ciri kerusakan pada kaki-kaki mobil " di temukan di cara-modifikasi.com. Untuk mencari informasi atau artikel otomotif yang sesuai dengan mesin, tune up, cat airbrush, kontes, gambar, jadwal drag, otomotif, review, motor, mobil, offroad, trial, trail, adventure, 4x4, matic anda dapat menuliskan kata kunci yang ada pada kolom pencarian yang sudah tersedia.

Dengan semakin berkembang nya teknologi internet, situs cara-modifikasi.com berusaha untuk memberikan informasi yang berkaitan dengan dunia otomotif, khususnya modifikasi. Situs cara-modifikasi.com memiliki ratusan artikel modifikasi motor dan mobil misal " Ciri-ciri kerusakan pada kaki-kaki mobil " yang di anda jadikan masukan atau bahan referensi modifikasi motor dan mobil anda.

Baca : Ciri-ciri kerusakan pada kaki-kaki mobil
Foto kaki-kaki mobil

Foto kaki-kaki mobil

Kenyamanan berkendara adalah hal yang selalu diutamakan oleh para pengendara. Terlebih lagi jika kita melakukan perjalanan jauh dan melewati jalan yang banyak berlubang. Kondisi kaki-kaki mobil yang berfungsi baik dan normal menjadi syarat utama kenyamanan dalam berkendara. Pada mobil-mobil dengan umur tua permasalahan kaki-kaki menjadi masalah yang cukup serius. Sang pemilik harus rajin melakukan pemeriksaan dan peka terhadap gejala-gejala yang timbul, sebelum kejadian menjadi lebih fatal. Tidak hanya kenyamanan saja, tetapi kaki-kaki mobil juga berkaitan dengan keselamatan.

Pada bagian kaki-kaki mobil terdiri dari berbagai macam komponen yang satu dengan yang lainnya saling berkaitan dan berhubungan. Jika salah satu bagian saja tidak berfungsi normal atau mengalami kerusakan, akan mempengaruhi bagian yang lain bahkan kerusakan bisa menjalar ke bagian yang lain juga. Jika sudah seperti itu tentu biaya yang harus dikeluarkan untuk perbaikan semakin besar.

Dari sekian banyak bagian kaki-kaki mobil, berikut empat bagian kaki-kaki mobil yang paling populer dan sering rusak yakni Suspension Ball Joint, Tie Rod End, Shockbreaker, dan Bearing :

Gambar kaki-kaki mobil

Gambar kaki-kaki mobil

Suspension Ball Joint

Cara mudah mengenali kerusakan bada bagian ini adalah jika terjadi getaran atau bunyi yang tidak normal ketika ban depan menginjak lubang atau jalan yang tidak rata. Di bengkel, mengindentifikasi kerusakan ini dilakukan dengan cara mengdongkrak ban depan lalu menggoyang-goyang ban arah atas-bawah.

Bearing

Jika ada bunyi atau getaran dari arah ban yang tidak biasanya saat mobil melaju normal (justru akan lebih terasa jika melaju pada kecepatan tetap dan di jalan mulus), maka kemungkinan besar kerusakan pada bagian ini. Mengindentifikasi kerusakan di bagian ini juga dapat dilakukan saat ban depan tergantung yakni dengan memutar ban depan dengan tangan. Jika terjadi kerusakan, akan ada bunyi yang makin membesar jika ban diputar lebih cepat.

Shockbreaker

Fungsi dari shockbreaker adalah untuk meredam guncangan di saat mobil melaju dan melibas berbagai kondisi lintasan. Shockbreaker yang terbuat dari baja itu bertugas membantu pegas atau per untuk menopang bobot mobil berikut muatan yang diangkutnya.

Bila sering menahan guncangan dengan beban berlebihan, daya tahan shockbreaker akan berkurang dan lemah. Bila hal itu terjadi, maka mobil akan terasa limbung saat dikendarai, terutama saat melaju kencang.

Untuk mendeteksi kerusakan, cara yang paling gampang adalah dengarkan dengan saksama kala mobil melaju, adakah suara gemuruh dan gluduk-gluduk yang lebih keras dari biasanya. Kedua, pacu mobil dengan kecepatan sedang di jalanan lurus, lalu rasakan apakah laju mobil terasa limbung? Bila iya, berarti shockbreaker bermasalah.

Tie Rod End

Kerusakan pada bagian ini biasanya menimbulkan bunyi atau getaran tidak normal ketika stir dibelokkan ke kiri atau ke kanan. Di bengkel, mengetes kerusakannya kurang lebih sama dengan Ball Joint yakni mendongkrak hingga ban depan tergantung. Bedanya, arah gerakan saat menggoyang ban kiri-kanan.

Jika sudah bisa memastikan kerusakan, maka komunikasi dengan montir saat ke bengkel akan jauh lebih baik. Tinggal menyebut komponen yang rusak, maka montir atau mekanik akan mananganinya. Dengan sendirinya, bengkel tidak akan menganalisa kerusakan mobil ke mana-mana yang dapat membuat biaya kian membengkak.

Dengan alasan hak cipta (copyright) atas artikel otomotif dengan judul Ciri-ciri kerusakan pada kaki-kaki mobil yang merupakan hasil tulisan dari beberapa sumber yang ada di internet. cara-modifikasi.com hanya menampilkan sebagian isi dari Ciri-ciri kerusakan pada kaki-kaki mobil. Untuk memudahkan pencarian artikel otomotif, cara-modifikasi.com juga menyediakan layanan pencarian artikel seputar modifikasi, seperti Ciri-ciri kerusakan pada kaki-kaki mobil yang dapat anda temukan dengan layanan pencarian yang sudah tersedia. Dan seluruh artikel otomotif yang terdapat di cara-modifikasi.com ini kami ambil dari beberapa blog atau situs modifikasi motor dan mobil yang sudah terpercaya. Oleh karena itu, jika anda ingin melihat lebih jelas Ciri-ciri kerusakan pada kaki-kaki mobil secara lengkap, anda dapat mencari beberapa artikel modifikasi pada kolom pencarian yang sudah di sediakan.

Artikel otomotif di cari :

bos klep oblak, kaki kaki mobil, bosh klep oblak, laher bambu rx king, ciri ciri kaki kaki mobil bermasalah